Kamis, 09 April 2015

E-Learning Bahasa Indonesia Pertemuan 2

E-Learning Bahasa Indonesia Pertemuan 2

1.  Berdasarkan situasi pemakainya ragam bahasa terdiri atas...
. Satu bagian
. Dua bagian
. Tiga bagian
. Empat bagian
. Lima bagian

2.  Kriteria yang digunakan agar ragam bahasa formal dirubah menjadi resmi diantaranya...
. Penggunaan bentukan kata secara lengkap dan tidak merupakan ragam bahasa
. Penggunaan bentukan kata tidak lengkap dan disingkat
. Penggunaan ejaan yang tidak baku
. Fungsi gramatikal yang tidak konsisten
. Penggunaan imbuhan yang tidak konsisten

3.  Awalan disebut juga...
. Afiksasi
. Prefiks
. Simulfiks
. Pasif
. Naratif

4.  Kesesuaian antara bahasa dan fungsi pemakaiannya disebut...
. Laras bahasa
. Ragam bahasa
. Sastra
. Aneka bahasa
. Frasa

5.  Contoh dari penggunaan kata ganti adalah...
. Saya dengan aku
. Saya dengan anda
. Saya dengan dia
. Saya dengan kamu
. Saya dengan kalian

6.  Variasi bahasa yang terbentuk karena pemakaian bahasa disebut...
. Rahim bahasa
. Ragam bahasa
. Aneka bahasa
. Laras bahasa
. Fonem

7.  Imbuhan disebut juga...
. Afiksasi
. Prefiks
. Simulfiks
. Sufiks
. Konfiks

8.  Merupakan salah satu ciri dari ragam bahasa lisan adalah...
. Dilafalkan langsung dari penuntunnya
. Ditulis dikertas
. Dicetak dibuku
. Baku
. Penerus tradisi

9.  Berikut merupakan contoh dari penggunaan awalan...
. Gambarin
. Membaca
. Laporin
. Tulisin
. Nyerahin

10.  Perbedaan antara ragam bahasa formal, semiformal dan non-formal antara lain...
. Situasi ketika pembicaraan berlangsung
. Menggunakan imbuhan
. Menggunakan bahasa inggris
. Menggunakan bahasa tubuh
. Situasi keamanan nasional

0 komentar:

Posting Komentar